Widget HTML Atas

Mudah! Cara Menggunakan OTG (USB On The Go) HP Samsung, Oppo, Vivo, Sony, dll

Assalamu'alaikum Sobat androidkepo yang setia dan baik hati, Kali ini mimin mau ngasi tips gimana sobat bisa menggunakan kabel USB OTG (On The Go) di HP sobat, seperti HP Samsung, Vivo, Oppo Sony, Meizu, dll

1. Cara Menggunakan OTG di HP Samsung

Menggunakan OTG di HP Samsung sangat gampang sobat, sobat cukup memastikan HP sobat mendukung dongle OTG atau tidak, sobat bisa cek di google dan mengetikkan query sesuai nama HP sobat, contohnya disini mimin mencoba cek support OTG untuk Samsung Galaxy S7 lalu pillih link dari GSMArena.com seperti pada gambar
galaxy-s7-otg
galaxy s7 otg

Setelah sobat memilih link tersebut, maka selanjutnya sobat silakan scroll ke bawah pada halaman gsmarena.com sampai sobat menemukan kotak USB, lalu sobat bisa langsung cek support OTG atau tidaknya. kadang ada yang bertuliskan USB Host, ada juga yang bertuliskan USB OTG.
cara-menggunakan-OTG
USB OTG

Tapi sayangnya ada juga beberapa HP Samsung yang sebenarnya Support tapi tak ditulis GSMArena. Nah, berarti langkah selanjutnya untuk memastikannya ialah dengan mencari forumnya dengan query seperti di bawah ini, klik pada tautan yang dikolom, maka sobat akan menemukan jawabannya.

2. Cara Menggunakan OTG di HP Oppo.

Hampir sama dengan HP samsung, sobat silahkan ikuti langkah-langkah diatas, dan jikalau sobat telah memastikan HP sobat support, ada satu langkah lagi yang perlu sobat lakukan untuk menggunakan OTG di HP Oppo yakni dengan mengaktifkan fitur OTGnya di menu Setting yang ada di HP sobat, klik Setting >Additional Setting (Pengaturan Tambahan) > OTG connection (Sambungan OTG). Seperti pada gambar dibawah ini..


Dengan begini sobat sudah bisa menggunakan fitur OTG dari HP Oppo sobat, silakan sobat tes dengan perangkat OTG kesayangan sobat seperti, flashdisk OTG, Lampu OTG, atau Kipas OTG, dsb

3. Cara Menggunakan OTG di HP Vivo.

Karena Masih saudara sama HP Oppo, mengaktifkan OTG HP Vivo hampir mirip dengan yang ada di Oppo, tidak bisa langsung aktif, tidak bisa langsung menggunakan perangkat , melainkan, harus mengaktifkan fitur OTG ini sekali saja di setting > additional setting (Pengaturan Tambahan) > OTG, lebih jelasnya silakan sobat amati gambar dibawah ini. Gambar dibawah ini sebagai contoh mengaktifkan fitur OTG di HP Vivo V5,


4. Cara menggunakan OTG di HP Xiaomi

Di HP Xiaomi mudah aja sob. mirip sama HP Samsung sih, sobat tinggal cari informasi support atau tidaknya, dengan langkah-langkah yang ada di HP samsung diatas. dan kalau sobat telah memastikannya. Maka sobat tinggal perlu menancapkan perangkat OTG sobat. Ada beberapa tipe HP Xiaomi yang awalnya tidak support OTG, tapi sobat bisa mengakalinya dengan menginstall Custom ROM yang ada di www.xda-developer. kalau sobat beruntung, HP sobat yang pada dasarnya tidak support bisa saja jadi support karena oprekan para dev yang ada di forum itu. silakan sobat jalan-jalan kesana ya sob.

5. Cara Menggunakan OTG di HP Huawei

Di HP Huawei ternyata juga sobat tidak bisa langsung menggunakan prangkat OTG, melainkan sobat harus mengaktifkannya dulu di menu setting yang ada di HP sobat, karena dalam kondisi default ternyata fitur OTG dari HP Huawei ternyata dalam kondisi tidak aktif, sobat bisa langsung cek di GSMArena apakah HP Huawei sobat sudah mendukung OTG atau tidak. Dan setelah sobat memastikannya, sobat bisa langsung ke menu Setting yang ada di HP sobat, dan lalu ke menu "Bantuan Pintar" dan sobat akan menemukan settingan OTG dalam kondisi belum aktif, dan sobat bisa langsung mengaktifkannya dengan menekan tombol tersebut.

Demikian sobat cara menggunakan otg di smartphone android gampang kan?? Nah dibagian mana yang sobat masih bingunkan, silakan sobat bertanya di kolom komentar dibawah ya.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum..

No comments for "Mudah! Cara Menggunakan OTG (USB On The Go) HP Samsung, Oppo, Vivo, Sony, dll"