Widget HTML Atas

Cara Mengatasi HP Android Sentuh Sendiri (Ghost Touch)

Assalamu'alaikum Sobat androidkepo

Kali ini kita akan membahas cara mengatasi HP android sobat yang kebetulan mengalami masalah TouchScreen sentuh sendiri yang lebih dikenal dengan sebutan (ghost Touch)

Ya pada prinsipnya masalah HP android sentuh sendiri ini termasuk pada masalah hardware, dan seperti kita ketahui ya sobat bahwa masalah pada hardware tidak diobati dengan software. alias g ada software yang bisa mengobati penyakit hardware.

Tapi beruntung nih sobat ternyata masalah Ghost Touch ini ternyata bisa berkurang bahkan sembuh total jikalau sobat menginstal aplikasi ini,
mengatasi sentuh sendiri dengan partial screen
icon parial screen

Partial Screen adalah aplikasi yang bisa mengatasi jikalau HP sobat memiliki masalah touch screen sentuh sendiri, nah lalu bagaimana cara menggunakannya?? berikut nih tutorial singkatnya.

1. Install aplikasi Partial Screen ini di HP sobat

Memang hal tersulit pada tutorial kali ini adalah proses menginstal aplikasi ini, karena sebelum kita dapat menginstalnya kita sudah punya masalah yakni HP kita klik klik sendiri jadi untuk mengetik nama aplikasi ini di playstore agak susah, sobat tentu harus punya banyak siasat sampai sobat bisa menginstalnya seperti menggunakan keyboard via OTG atau via Bluetooth, mungkin bisa juga terbantu dengan mouse via OTG atau bluetooth

2. Buka dan lakukan analyze
mengatasi ghost touch sentuh sendiri
analyzing partial screen

Tentu setelah sobat berjuang menginstall aplikasi ini sampai berhasil tentu langkah selanjutnya adalah dengan membuka aplikasi ini. Nanti dengan sendirinya aplikasi ini akan melakukan analisa pada touchscreen sobat.
Penting: Saat aplikasi ini melakukan analisa (analyzing) sobat tak boleh menyentuh layar sobat. agar aplikasi ini bisa menscan dengan benar letak sentuhan yang bermasalah tersebut.

3. Tunggu dan selesai

Setelah beberapa detik melakukan analisa aplikasi ini akan berhenti dan memberikan tanda warna warni kotak agar kita mengenali letak sentuhan bermasalah tersebut.

4. Setelah menggunakan partial screen tapi masih Ghost Touch? Berikut solusinya!

Ghost touch pada HP android kadang sifatnya tak menentu, kadang saat analisa ghost touchnya g muncul, berarti ghost touchnya tidak diblok.

Solusinya yakni dengan menganalisa berkali-kali, klik pada tombol Jalankan Analisis berkali kali sampai Ghost touchnya hilang atau bisa juga dengan menambahkan durasi analisisnya menjadi 5 menit di pengaturan aplikasi ini. Lalu bagaimana jika belum juga mengatasi Ghost touch sobat?

5. lakukan add manual region.

Cara ini memang agak susah, karena Sobat harus tau betul letak ghost touchnya. silahkan sobat klik pada tombol Add Manual Region.
partial-screen-warna-kotak-kotak
partial screen Ghost Touch

Sobat akan melihat screen seperti di gambar ini
mengatasi-ghost-touch-android
partialscreen ghost touch

Lalu sobat silahkan cubit layarnya agar area bloknya jadi agak kecil, agar tidak terlalu besar area bloknya, setelah itu silahkan sobat tempatkan areanya di posisi yang dicurigai.
mengatasi-masalah-tanpa-warna-blok
Partial screen ghost touch


6. Area Blok dari Partial screen kotak warna-warni. apa itu mengganggu?

Solusinya sangat gampang sobat, 
Silakan sobat buka aplikasi Partial Screen lalu pilih pada Area Manager



partial-screen-spot-warna
spot warna partial screen



Lalu silahkan sobat klik pada tombol yang saya lingkari merah dibawah ini...



partial-screen-penghilang-ghost-touch
partial screen tanpa ghost touch

Lalu silahkan sobat setting seperti dibawah ini agar warnanya menjadi transfaran, lakukan pada smua blok warna, agar bloknya tak terlihat, dan HP sobat terlihat seperti HP normal lainnya

ghost-touch-menjadi-transfaran
ghost touch menjadi transfaran





untuk lebih jelasnya sobat silahkan simak video berikut dari android kepo


No comments for "Cara Mengatasi HP Android Sentuh Sendiri (Ghost Touch)"